Menu

Sabtu, 21 Mei 2016

Sudahkah Memaksimalkan Media Online yang Anda Gunakan?

Media Promosindo
Dunia yang saat ini telah menjadi borderless membuat semua pengusaha berlomba-lomba memaksimalkan berbagai channel komunikasi untuk memaksimalkan produk dan brand awareness yang saat ini tengah mereka bangun dan jalankan.
Secara garis besar media online terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1. Owned Media atau media yang ‘dimiliki’ dan dapat digunakan sesuai dengan kepentingan pemiliknya seperti website, blog atau microblog.
2. Paid Media atau media berbayar yang dapat ‘disewa’ seperti banner ads, adwords, fb ads, twitter ads, dll.
3. Earned Media merupakan pesan apa saja yang dikatakan oleh orang-orang mengenai produk dan brand kita di social media BUKAN akun social media yang kita miliki. Hal ini yang sering disalah artikan oleh banyak orang.
Bila di Owned Media seseorang bebas mengatur pesan apa yang ingin disampaikan terhadap produk dan brand baik berupa teks, gambar atau pun video, apalagi untuk Paid Media dimana kita telah menghabiskan sejumlah uang di media tertentu maka kita akan mempergunakan media tersebut untuk mengirimkan pesan tentang produk dan brand kita sebaik mungkin. Namun lain halnya dengan Earned Media, dimana kita harus mengatur percakapan orang-orang di dunia online mengenai produk dan brand kita yang tentunya dengan pesan yang bernilai positif. Bagaimana bisa? Inilah yang seringkali saya sebut sebagai ‘to control the uncontrollable’ atau mengatur sesuatu yang tidak dapat kita atur. Anda tidak mungkin membayar begitu banyak orang di dunia online untuk membicarakan produk dan brand Anda secara positif, namun Anda dapat mengarahkannya. Memang tidak sulit? Ya, inilah tantangannya bagaimana Anda mempengaruhi dan mengarahkan orang untuk membicarakan produk dan brand Anda secara positif. Apakah mungkin? Tentu saja mungkin, banyak marketeers yang telah melakukannya dan berhasil.
Langkah selanjutnya ialah banyak orang yang setelah mengetahui hal ini kemudian bertanya, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Untuk detail penjelasannya akan coba jelaskan di artikel berikutnya, namun secara sederhananya ialah pahami terlebih dahulu pesan apa yang akan Anda sampaikan terhadap audience Anda, Anda ingin mengungkapkan pesan tersebut seperti apa, apakah melalui teks, gambar atau video, dan media sosial apa yang ingin Anda gunakan yang menunjang Anda menyampaikan pesan tersebut.   

Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar