Dunia yang saat ini telah menjadi borderless membuat semua
pengusaha berlomba-lomba memaksimalkan berbagai channel komunikasi untuk
memaksimalkan produk dan brand awareness yang saat ini tengah mereka bangun dan
jalankan.
Secara garis besar media online terbagi menjadi beberapa bagian
yaitu :
1. Owned Media atau media yang ‘dimiliki’ dan dapat digunakan sesuai
dengan kepentingan pemiliknya seperti website, blog atau microblog.
2. Paid Media atau media berbayar yang dapat ‘disewa’ seperti banner
ads, adwords, fb ads, twitter ads, dll.
3. Earned Media merupakan pesan apa saja yang dikatakan oleh orang-orang
mengenai produk dan brand kita di social media BUKAN akun social media yang
kita miliki. Hal ini yang sering disalah artikan oleh banyak orang.
Bila di Owned Media seseorang bebas mengatur pesan apa yang ingin
disampaikan terhadap produk dan brand baik berupa teks, gambar atau pun video,
apalagi untuk Paid Media dimana kita telah menghabiskan sejumlah uang di media
tertentu maka kita akan mempergunakan media tersebut untuk mengirimkan pesan
tentang produk dan brand kita sebaik mungkin. Namun lain halnya dengan Earned
Media, dimana kita harus mengatur percakapan orang-orang di dunia online
mengenai produk dan brand kita yang tentunya dengan pesan yang bernilai
positif. Bagaimana bisa? Inilah yang seringkali saya sebut sebagai ‘to control
the uncontrollable’ atau mengatur sesuatu yang tidak dapat kita atur. Anda
tidak mungkin membayar begitu banyak orang di dunia online untuk membicarakan
produk dan brand Anda secara positif, namun Anda dapat mengarahkannya. Memang
tidak sulit? Ya, inilah tantangannya bagaimana Anda mempengaruhi dan
mengarahkan orang untuk membicarakan produk dan brand Anda secara positif.
Apakah mungkin? Tentu saja mungkin, banyak marketeers yang telah melakukannya
dan berhasil.
Langkah selanjutnya ialah banyak orang yang setelah mengetahui hal
ini kemudian bertanya, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Untuk detail
penjelasannya akan coba jelaskan di artikel berikutnya, namun secara
sederhananya ialah pahami terlebih dahulu pesan apa yang akan Anda sampaikan
terhadap audience Anda, Anda ingin mengungkapkan pesan tersebut seperti apa,
apakah melalui teks, gambar atau video, dan media sosial apa yang ingin Anda
gunakan yang menunjang Anda menyampaikan pesan tersebut.
Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:
Posting Komentar