Menu

Sabtu, 21 Mei 2016

Prinsip Penjualan Untuk UKM

Media Promosindo
Pengusaha dituntut untuk selalu meningkatkan kinerja bisnisnya. Salah satu kinerja bisnis yang perlu ditingkatkan adalah dalam hal penjualan. Berbicara mengenai penjualan, banyak pengusaha mengeluhkan mengapa kinerja penjualan tidak meningkat, bahkan cenderung mengalami penurunan. Hampir semua keluhan pengusaha yang baru memulai usaha adalah bingungnya menerapkan strategi yang praktis untuk meningkatkan penjualan. Sebenarnya banyak sekali strategi penjualan yang bisa diterapkan oleh pengusaha, namun tidak semua bisa diterapkan mungkin terkendala biaya atau sumber daya yang terbatas. Setidaknya ada beberapa prinsip dan cara praktis yang bisa diterapkan pengusaha untuk meningkatkan kinerja penjualan.

1. Berfokus Pada Pelayanan, Bukan Penjualan Saja          
Sebuah pelayanan yang berkualitas ke konsumen merupakan salah satu prinsip penting yang harus diketahui. Mengapa pelayanan penting? Hal ini dikarenakan konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut merasa puas atas layanan yang sudah diberikan penjual. Ketika konsumen datang kembali maka konsumen tersebut adalah konsumen yang setia dan tentu saja akan meningkatkan penjualan dalam jangka panjang. 

2. Jelaskan Manfaatnya Bukan Fiturnya Saja
Fitur memberitahukan kepada pelanggan penawaran Anda sedangkan manfaat memberitahukan pelanggan mengapa mereka seharusnya membeli. Konsep ini sangat penting diketahui oleh pengusaha, karena konsumen akan membeli produk kita atas dasar manfaat apa yang nantinya akan dberikan oleh si penjual. 

3. Lakukan Promosi Secara Konsisten
Promosi merupakan strategi penting untuk mengenalkan suatu produk ke konsumen. Mustahil konsumen tahu produk kita jika kita tidak melakukan promosi. Kita bisa melakukan strategi promosi melalui media online atau media offline. Dalam menerapkan strategi promosi kita harus menjalankannya dengan konsisten, terencana dan dimonitor saat dijalankan. Memonitor proses promosi sangat penting dilakukan agar tujuan dari promosi dapat tercapai dengan baik. 

4. Buatlah Target Penjualan
Langkah selanjutnya untuk mendongkrak kinerja bisnis adalah menetapkan target penjualan. Target penjualan merupakan acuan penting bagi pengusaha untuk memantau perkembangan kinerja kesuksesan bisnis dalam suatu periode tertentu. Target penjualan ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk mengejar target serta menerapkan strategi-strategi agar target penjualan tercapai. 

5. Ciptakan Kepuasan Pelanggan
Konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut puas. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan penting ketika kita menjalankan suatu bisnis. Kepuasan konsumen akan sangat ditentukan oleh kualitas layanan dan kualitas produk kita. Harapan dari terbentuknya kepuasan pelanggan tidak hanya meningkatkan penjualan, melainkan juga nantinya diharapkan agar konsumen mau merekomendasikan produk kita ke orang lain.   

Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar