Pengusaha dituntut untuk selalu meningkatkan kinerja bisnisnya.
Salah satu kinerja bisnis yang perlu ditingkatkan adalah dalam hal penjualan.
Berbicara mengenai penjualan, banyak pengusaha mengeluhkan mengapa kinerja
penjualan tidak meningkat, bahkan cenderung mengalami penurunan. Hampir semua
keluhan pengusaha yang baru memulai usaha adalah bingungnya menerapkan strategi
yang praktis untuk meningkatkan penjualan. Sebenarnya banyak sekali strategi
penjualan yang bisa diterapkan oleh pengusaha, namun tidak semua bisa
diterapkan mungkin terkendala biaya atau sumber daya yang terbatas. Setidaknya
ada beberapa prinsip dan cara praktis yang bisa diterapkan pengusaha untuk meningkatkan
kinerja penjualan.
1.
Berfokus Pada Pelayanan, Bukan Penjualan Saja
Sebuah pelayanan yang berkualitas ke konsumen merupakan salah satu
prinsip penting yang harus diketahui. Mengapa pelayanan penting? Hal ini dikarenakan
konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut merasa puas atas layanan
yang sudah diberikan penjual. Ketika konsumen datang kembali maka konsumen
tersebut adalah konsumen yang setia dan tentu saja akan meningkatkan penjualan
dalam jangka panjang.
2.
Jelaskan Manfaatnya Bukan Fiturnya Saja
Fitur memberitahukan kepada pelanggan penawaran Anda sedangkan
manfaat memberitahukan pelanggan mengapa mereka seharusnya membeli. Konsep ini
sangat penting diketahui oleh pengusaha, karena konsumen akan membeli produk
kita atas dasar manfaat apa yang nantinya akan dberikan oleh si penjual.
3. Lakukan
Promosi Secara Konsisten
Promosi merupakan strategi penting untuk mengenalkan suatu produk
ke konsumen. Mustahil konsumen tahu produk kita jika kita tidak melakukan
promosi. Kita bisa melakukan strategi promosi melalui media online atau media
offline. Dalam menerapkan strategi promosi kita harus menjalankannya dengan
konsisten, terencana dan dimonitor saat dijalankan. Memonitor proses promosi sangat
penting dilakukan agar tujuan dari promosi dapat tercapai dengan baik.
4. Buatlah
Target Penjualan
Langkah selanjutnya untuk mendongkrak kinerja bisnis adalah
menetapkan target penjualan. Target penjualan merupakan acuan penting bagi
pengusaha untuk memantau perkembangan kinerja kesuksesan bisnis dalam suatu
periode tertentu. Target penjualan ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk
mengejar target serta menerapkan strategi-strategi agar target penjualan
tercapai.
5.
Ciptakan Kepuasan Pelanggan
Konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut puas. Kepuasan
pelanggan merupakan salah satu tujuan penting ketika kita menjalankan suatu
bisnis. Kepuasan konsumen akan sangat ditentukan oleh kualitas layanan dan
kualitas produk kita. Harapan dari terbentuknya kepuasan pelanggan tidak hanya
meningkatkan penjualan, melainkan juga nantinya diharapkan agar konsumen mau
merekomendasikan produk kita ke orang lain.
Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:
Posting Komentar