Facebook adalah media terpopuler di kalangan
pengguna internet. Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki akun
Facebook di era digital ini. Besarnya jumlah ‘populasi’ Facebook membuat
banyak penjual online menggunakan media sosial yang user-friendly
ini untuk berbisnis. Mengapa Facebook dapat memberikan dampak yang
signifikan bagi sebuah bisnis online? Seberapa efektifkah Facebook
menaikkan penjualan produk?
- Facebook: pangsa pasar yang baik.
- Facebook: sarana menciptakan dan memperkuat branding.
- Facebook: cara mengimbangi kompetisi bisnis di era digital.
- Facebook: solusi memulai bisnis tanpa modal.
- Facebook: tempat konsumen mencari merek bisnis.
- Facebook: referensi bagi pembeli untuk mendapatkan informasi produk.
- Facebook: media menjaring calon pembeli potensial.
- Facebook: sarana yang efektif untuk mengadakan promo.
- Facebook: alat untuk mendongkrak penjualan.
- Facebook: media word-of-mouth.
Facebook adalah media sosial terpopuler yang banyak digunakan orang. Di era digital ini, hampir tak ada orang yang tak memiliki akun Facebook. Penggunaannya yang user-friendly membuat banyak orang tercatat sebagai anggota ‘populasi’ Facebook yang jumlahnya sangat besar. Jika berbisnis menggunakan Facebook, penjual memiliki pangsa pasar yang jumlahnya banyak. Karakteristik pengguna Facebook yang beragam membuat seorang penjual online memiliki banyak pilihan bidang usaha yang bisa dirintis.
Banyak orang mencari merek bisnis tertentu di media sosial. Merek-merek yang dirasa dekat dengan kebutuhan atau kehidupan konsumen akan di-like. Memiliki Facebook fanpage tidak hanya menguntungkan dalam hal peningkatan penjualan, melainkan juga semakin mengukuhkan citra sebuah merek bisnis. Semakin banyak pengguna yang nge-like sebuah fanpage bisnis, semakin kuat merek tersebut ‘tertanam’ di benak pengguna.
Sebelum teknologi internet berkembang, banyak calon pebisnis yang memfokuskan pemasaran lewat jalur offline. Seiring perkembangan teknologi digital, mereka menyertakan anggaran untuk mengelola pemasaran online. Semua orang nantinya dipastikan akan go online. Facebook adalah salah satu pilihan media yang bisa digunakan untuk mengimbangi tren bisnis online yang kompetitif.
Minimnya modal bukanlah alasan untuk menunda sebuah bisnis online. Ketiadaan modal bisa diatasi dengan penggunaan media sosial, misalnya Facebook, sebagai media pemasaran. Bisnis wirausaha yang baru berdiri acapkali melakukan pemasaran produk melalui Facebook sebab gratis.
Penjualan datang tidak hanya ketika pembeli mengunjungi toko offline. Banyak pembeli yang mencari sebuah merek bisnis di Facebook kemudian nge-like fanpage-nya. Ini membuktikan bahwa pembeli ingin ‘dekat’ dengan merek bisnis tertentu setiap saat untuk mendapatkan informasi terkini dari merek tersebut.
Pembeli ingin mendapatkan informasi produk, promo, dan diskon dari akun Facebook sebuah merek bisnis. Artinya, pembeli tidak hanya sekedar nge-like, melainkan juga memiliki harapan-harapan tertentu terhadap merek bisnis yang akunnya di-like tersebut.
Seiring dengan perkembangan fiturnya, media sosial kini tidak sebatas media online yang memungkinkan pengguna internet untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang mereka kenal saja. Banyak pengguna internet menjadikan media sosial sebagai referensi sebelum mereka membeli sebuah produk. Dengan nge-like sebuah merek bisnis, pengguna internet berharap agar mereka bisa mendapatkan informasi terkini tentang produk-produk terbaru yang dimiliki merek bisnis tersebut.
Banyak merek-merek bisnis yang mengadakan promo, misalnya dalam bentuk penawaran khusus atau potongan harga, namun hanya berlaku bagi pembeli yang nge-like fanpage-nya. Hanya dengan nge-like fanpage, pembeli sebuah merek bisnis akan mendapatkan tawaran eksklusif. Facebook fanpage adalah media yang efektif bagi penjual online ketika hendak melakukan promo.
Banyaknya pengguna aktif Facebook membuat kesempatan penjual untuk mendapatkan pembeli semakin besar. Dengan kata lain, Facebook membantu bisnis penjual online dalam hal peningkatan penjualan.
Orang-orang yang memiliki akun Facebook akan nge-like fanpage merek bisnis tertentu yang sesuai dengan minat, ketertarikan, dan kebutuhan mereka. Terlepas dari apakah mereka pernah bertransaksi secara langsung atau tidak, faktanya pengguna Facebook akan merekomendasikan atau menyebarluaskan merek tertentu kepada teman-temannya. Dampaknya, brand awareness merek bisnis yang direkomendasikan tersebut akan semakin kuat di mana konsumen.
Sumber : NetPreneur.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar