Indonesia sebetulnya kaya akan berbagai
hal menarik yang dapat digali sebagai peluang usaha tersendiri.
Kadangkala, Anda bahkan tak melihat adanya peluang tersebut karena
memang mungkin Anda kurang mengeksplorasi lebih dalam lagi. Bisa saja,
apa yang sebetulnya sudah ada bisa menjadi peluang yang baru dan
menantang untuk bisnis Anda nantinya.
Salah satunya adalah dengan
mengembangkan sebuah usaha kuliner khas daerah. Indonesia memang kaya
akan keragamannya, tidak hanya untuk tradisi saja, melainkan juga dari
segi keragaman kulinernya. Anda bisa memanfaatkannya, terlebih untuk
daerah kawasan wisata, misalnya Jogja. Anda hanya perlu kreatifitas dan
juga inovasi dalam pengelolaan usaha ini.
Jika banyak orang tahunya makanan khas
Jogja hanyalah gudeg dan juga bakpia saja, maka coba peluang baru
lainnya. Misalnya mengangkat yangko sebagai saslah satu kuliner khas
Jogja yang tak kalah menariknya dengan bakpia. Atau, Anda bisa memilih
kuliner lain yang juga menarik namun belum begitu dieksplor oleh orang.
Yangko, Penganan Khas yang Perlu Dieksplorasi Lagi
Jika orang cenderung lebih kenal dengan
bakpia sebagai oleh-oleh khas Jogja, makan kenalkan kehadiran yangko
pada para wisatawan. Dengan teknik pemasaran yang bagus, tentu akan
membuat banyak orang tertarik untuk mencoba dan membuka peluang besar
memperkenalkan kembali penganan khas Jogja yang belum diketahui banyak
orang.
Selain dengan memperkenalkannya pada
masyarakat luas, misal dengan bantuan pemasaran online, Anda juga perlu
mengeksplor lebih dalam tentang kuliner ini. Gunakan kreatifitas untuk
berinovasi dengan kuliner khas Jogja ini. Salah satunya ialah dengan
membuat yangko dengan beragam rasa dan isian. Jika biasanya yangko hanya
memiliki rasa yang itu-itu saja dan tanpa isi, maka cobalah berkreasi
dengan hal itu.
Beberapa ide yang dapat dicoba, misalnya
dengan membuat yangko dengan beragam isian, misal isi buah-buahan,
coklat, kacang, moka, dan sebagainya. Selain itu, buatlah kemasan yang
menarik. Namun, karena ini merupakan makanan khas daerah, jadi jangan
lupakan karakter aslinya. Tetap produksi jenis yangko original dan
dengan rasa asli, meskipun Anda sudah membuat beragam variasinya.
Usaha Yangko dengan Peluang Besar
Yangko merupakan panganan khas Jogja.
Yangko sebetulnya sudah ada sejak dahulu, tapi pamornya kurang jika
dibandingkan dengan bakpia. Jadi, ada baiknya mencoba mengeksplorasi
lebih dalam panganan ini denagn cara baru. Selain itu, mungkin juga
masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan yangko ini.
Dilihat dari fakta tersebut, yangko
memiliki peluang besar untuk bisnis yang dapat Anda rintis. Peluangnya
pun akan cenderung cukup besar karena Jogja merupakan salah satu tujuan
utama wisata tanah air, pasti banyak orang yang akan mencari oleh-oleh
khas Jogja.
Selain itu, bagi mereka yang bosan
dengan oleh-oleh Jogja berupa Bakpia, yangko bisa menjadi alternatif
lainnya. Kuncinya adalah pemasaran dan juga pengenalan produk kepada
masyarakat luas. Jadi, orang yang datang ke Jogja tidak hanya akan
mencari bakpia tetapi juga yangko.
Sumber : TeropongBisnis.com

Tidak ada komentar:
Posting Komentar