Sekitar 5 tahun yang lalu, pengguna
internet di Indonesia didominasi oleh pengguna di sekitar umur 25 tahun yang
berkarakter energetic dan aktif melakukan pembicaraan. Permasalahan yang
sebenarnya dihadapi ialah pada jarak umur tersebut belum memiliki daya
beli yang kuat.
Namun seiring dengan berjalannya waktu,
terjadi perubahan tren pengguna internet di Indonesia. Dalam 3 tahun
terakhir ini, jarak umur yang memiliki perkembangan paling pesat berada di umur
35-39 tahun dan disusul dengan jarak umur 30-34 tahun. Range umur ini
merupakan kalangan yang lebih mapan, telah memiliki pemasukan rutin setiap
bulannya dan tentunya merupakan potensial pasar yang telah memiliki daya beli.
Selain perubahan jarak umur, perubahan pengguna
internet pun juga terjadi di berbagai aspek yaitu untuk penetrasi internet
paling besar ada di kelas sosial A (SES A) sedangkan penambahan pengguna
internet terbesar terjadi di kelas sosial C (SES C). Bila dilihat dari
perspektif gender maka laki-laki lebih banyak menggunakan internet
dibandingkan wanita namun penambahan pengguna internet lebih banyak didominasi
oleh kaum wanita.
Bila ditinjau dari jenis penggunaan
internet itu sendiri maka market dapat dibedakan menjadi 2 bagian besar
yaitu mereka yang berumur lebih dari 25 tahun dan lebih mapan dan menggunakan
internet untuk mendukung aktivitas dan pekerjaan mereka diistilahkan sebagai ‘Utility
Users’. Sedangkan mereka yang lebih muda (di bawah 25 tahun) dengan
pemasukan yang belum tetap dan menggunakan internet sebagai hiburan semata
diistilahkan sebagai “Entertainment Users".
Dari data di atas dapat dilihat bahwa para
‘utility users’ lebih banyak menggunakan internet di rumah dan kantor
sedangkan ‘entertainment users’ mengakses internet melalui internet cafe atau warnet. Selain grafik di
atas, bila dilakukan data statistik lebih lanjut menunjukkan bahwa ‘utility
users’ mengakses internet melalui berbagai device seperti desktop,
laptop, dan smartphone, sedangkan ‘entertainment users’ biasanya mengakses
internet melalui feature phone.
Perbedaan mencolok selanjutnya antara 2
pengguna internet ini ialah mengenai apa yang mereka masing-masing akses
seperti digambarkan pada tabel berikut :
Dapat dilihat dari tabel di atas bahwa ‘utility
users’ menggunakan internet untuk kegiatan yang produktif yang menunjang
aktivitas mereka seperti email dan portal berita namun yang perlu di sorot
adalah penggunaan social networking menempati posisi 1 dan 2 dalam akses
penggunaan di kedua jenis pengguna ini.
Mengetahui perilaku dan karakteristik pasar
yang akan kita tuju merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan
saat menentukan tujuan dan strategi yang akan dilakukan sehingga apa yang kita
lakukan tidak menjadi sia-sia.
Sumber : PortalPengusaha.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar