Menu

Kamis, 07 April 2016

Tren Pengguna Internet di Indonesia


Sekitar 5 tahun yang lalu, pengguna internet di Indonesia didominasi oleh pengguna di sekitar umur 25 tahun yang berkarakter energetic dan aktif melakukan pembicaraan. Permasalahan yang sebenarnya dihadapi ialah pada jarak umur tersebut belum memiliki daya beli yang kuat.
 
Namun seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan tren pengguna internet di Indonesia. Dalam 3 tahun terakhir ini, jarak umur yang memiliki perkembangan paling pesat berada di umur 35-39 tahun dan disusul dengan jarak umur 30-34 tahun. Range umur ini merupakan kalangan yang lebih mapan, telah memiliki pemasukan rutin setiap bulannya dan tentunya merupakan potensial pasar yang telah memiliki daya beli.


Selain perubahan jarak umur, perubahan pengguna internet pun juga terjadi di berbagai aspek yaitu untuk penetrasi internet paling besar ada di kelas sosial A (SES A) sedangkan penambahan pengguna internet terbesar terjadi di kelas sosial C (SES C). Bila dilihat dari perspektif gender maka laki-laki lebih banyak menggunakan internet dibandingkan wanita namun penambahan pengguna internet lebih banyak didominasi oleh kaum wanita.
 
Bila ditinjau dari jenis penggunaan internet itu sendiri maka market dapat dibedakan menjadi 2 bagian besar yaitu mereka yang berumur lebih dari 25 tahun dan lebih mapan dan menggunakan internet untuk mendukung aktivitas dan pekerjaan mereka diistilahkan sebagai ‘Utility Users’. Sedangkan mereka yang lebih muda (di bawah 25 tahun) dengan pemasukan yang belum tetap dan menggunakan internet sebagai hiburan semata diistilahkan sebagai “Entertainment Users".

 
Dari data di atas dapat dilihat bahwa para ‘utility users’ lebih banyak menggunakan internet di rumah dan kantor sedangkan ‘entertainment users’ mengakses internet melalui internet cafe atau warnet. Selain grafik di atas, bila dilakukan data statistik lebih lanjut menunjukkan bahwa ‘utility users’ mengakses internet melalui berbagai device seperti desktop, laptop, dan smartphone, sedangkan ‘entertainment users’ biasanya mengakses internet melalui feature phone.
 
Perbedaan mencolok selanjutnya antara 2 pengguna internet ini ialah mengenai apa yang mereka masing-masing akses seperti digambarkan pada tabel berikut :


Dapat dilihat dari tabel di atas bahwa ‘utility users’ menggunakan internet untuk kegiatan yang produktif yang menunjang aktivitas mereka seperti email dan portal berita namun yang perlu di sorot adalah penggunaan social networking menempati posisi 1 dan 2 dalam akses penggunaan di kedua jenis pengguna ini. 
 
Mengetahui perilaku dan karakteristik pasar yang akan kita tuju merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat menentukan tujuan dan strategi yang akan dilakukan sehingga apa yang kita lakukan tidak menjadi sia-sia.
  
Sumber : PortalPengusaha.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar