Pebisnis
seringkali lupa bahwa bisnis tidak hanya berbicara tentang meningkatkan
omzet dan membangun strategi penjualan. Bisnis yang mampu bertahan
dalam jangka panjang memilki pemahaman yang mendalam tentang merek.
Berikut ini beberapa hal penting tentang merek bisnis yang harus kita
ketahui :
1. Merek Mewakili Kepercayaan Konsumen
Pada dasarnya
merek penting untuk bisnis, mulai dari bisnis skala kecil hingga skala
besar. Merek tidak hanya menggambarkan suatu logo, melainkan merek juga
mewakili kepercayaan konsumen terhadap produk. Inilah yang disebut
dengan citra atau brand image. Jika sebuah merek memiliki citra yang
baik, pada dasarnya merek tersebut dipercaya oleh konsumen.
2. Merek Penting Untuk Pertumbuhan Bisnis
Merek yang
dibangun dengan baik akan menghasilkan long term revenue dan pertumbuhan
bisnis yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, buatlah logo merek yang bisa
mewakili karakter produk perusahaan, menarik, serta mudah diingat.
3. Slogan Merek
Selain logo merek, buat juga tagline/slogan yang mudah diingat. Slogan ini bermanfaat untuk brand recall
sehingga merek pun mudah diingat dan dimengerti. Slogan ini bisa
merupakan gambaran singkat, komitmen perusahaan atau gambaran kualitas
yang ditonjolkan. Misal Telkom dengan “World in Your Hand” atau AirAsia dengan “Everyone Can Fly”.
4. Promosi itu Penting
Komunikasikan merek secara berkelanjutan, tempatkan di setiap aktivitas promosi, lokasi penjualan, saat event,
dan sebagainya. Jangan lupa, merek bisa dibangun secara efektif dari
produk yang berkualitas. Pada dasarnya ketika produk kita berkualitas
dan konsumen puas, maka merekpun ikut terbangun.
5. Merek Harus Terus Berinovasi
Merek yang dikagumi dan yang powerful
adalah merek yang tidak pernah berhenti melakukan inovasi dan juga
perbaikan terus-menerus. Inovasi ini bisa berupa inovasi dan perbaikan
dalam layanan, strategi promosi serta pendekatan ke konsumen. Harapan
dari strategi membangun merek adalah terjadinya pertumbuhan bisnis dalam
jangka panjang yang disebabkan oleh penjualan yang terus meningkat.
6. Rutin Berkomunikasi Dengan Konsumen
Merek yang
disukai oleh konsumennya adalah merek yang tidak tertutup dengan dunia
luar. Merek itu diibaratkan makhluk hidup sosial sehingga harus
membangun hubungan dengan pihak lain dalam hal ini konsumen. Penting
bagi merek untuk membangun brand engagement dengan konsumen. Istilah ini semakin sering digunakan oleh para pelaku bisnis dan pemasar. Engagement
berarti ikatan dan kedekatan, kedua hal ini dibangun dengan komunikasi,
percakapan, dialog dengan konsumen. Bahkan kedekatan juga bisa dibangun
melalui produk yang berkualitas dan dikagumi oleh konsumen.
Sumber : PortalPengusaha.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar