Menu

Kamis, 14 April 2016

Dasar Social Media [Bagian 1]

 
Banyak orang, termasuk pengusaha yang saat ini berlomba-lomba masuk ke dunia social media untuk mengoptimalkan usaha yang sedang dijalaninya dan mencari info seminar- seminar menarik yang ingin diikuti. Namun sebagian besar dari mereka saat  berada di depan laptop dan mengakses akun social media mereka biasanya muncul  kebingungan harus melakukan upaya apa untuk memaksimalkannya. Benar begitu?

Tenang, saya pastikan Anda tidak sendirian. Banyak  juga yang mengalami hal  ini. Pada tulisan ini saya akan share beberapa poin yang biasanya saya bagikan pada saat training Social Media Marketing yaitu 3 bagian besar : Content, Consistency dan Conversation atau bahasa sederhananya 3C. Untuk jenis social media yang dibahas ialah hanya untuk Twitter dan Facebook saja mengingat dua jenis social media inilah yang saat ini memiliki market yang paling besar.

Salah satu strategi yang efektif dan tidak memerlukan biaya yang besar ialah dengan memaksimalkan content marketing untuk bisnis yang Anda jalani saat ini khususnya untuk promosi melalui social media, sehingga biaya promosi bukan merupakan kendala utama untuk mempromosikan produk yang saat ini Anda jual. Content marketing ini terkait dengan konsep utama dari social media itu sendiri yaitu Share first, selling then.  Berbagilah dahulu dengan info-info bermanfaat melalui akun social media yang Anda miliki sesuai dengan produk. Misal Anda sedang menggeluti bidang travelling, berbagilah mengenai tips- tips bermanfaat pada saat travelling atau berbagai rekomendasi tempat wisata yang menarik dengan harga terjangkau. Jadikan akun social media Anda sebagai solusi bagi mereka yang memiliki lack of knowledge mengenai travelling, demikian juga dengan bidang lainnya. Bila followers atau fans Anda sudah loyal dan trust dengan brand Anda maka apapun yang Anda tawarkan akan lebih mudah untuk diterima karena Anda telah menciptakan kedekatan (engagement) dengan mereka.

Pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan adalah seberapa banyak atau seringkah saya harus berbagi? Ini terkait dengan proporsi content. Ingat kembali konsep social media yaitu Share First, selling then dimana Anda harus lebih banyak berbagi dibanding berjualan. Saya dan tim Ednovate Digital biasanya menggunakan komposisi 80 : 20 dimana 80% dari konten Anda adalah konten bermanfaat dan 20% sisannya baru content berjualan. Atau mudahnya dalam 5 kali share konten, 4 diantaranya adalah konten bermanfaat. konten bermanfaat ini dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu konten tips, kutipan, serial tweet dan twitter interview. Berikut saya berikan beberapa contohnya dalam bentuk screen shot.

Contoh Konten Tips
 

Contoh Konten Kutipan



Contoh Konten Serial Tweet



Contoh Konten Twitter Interview



Beberapa hal teknis lain yang harus diperhatikan terkait konten ialah mengenai timing (waktu), penggunaan kata dan gambar yang tepat serta frekuensi update status dan 2C lainnya akan saya jabarkan di artikel Dasar Social Media bagian selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar