Sebagai seorang pelaku bisnis tugas atau
pekerjaan utamanya adalah bagaimana membuat usaha atau produk yang
dijual bisa tetap terjual terus menerus hingga mendapatkan profit yang
maksimal. Hal ini akan berlaku bagi semua bisnis, entah itu bisnis
offline maupun online. Untuk kali ini kita akan berbicara bagaimana
caranya untuk meningkatkan penghasilan dan terus mendongkrak penjualan
melalui internet, terutama bagi Anda yang mempunyai toko online.
Tentu kita semua akan setuju bahwa jumlah pengunjung toko online atau jumlah traffic yang
datang ke website akan mempengaruhi penjualan yang terjadi. Jika
pengunjung banyak maka bisa jadi akan ada penjualan, namun jika sedikit
sudah pasti tidak. Lalu, bagaimana agar bisnis online Anda bisa terus
mendapatkan jumlah pengunjung yang tinggi? Salah satunya bisa
menggunakan teknik seo pada situs pencarian.
Selain daripada itu Anda bisa melakukan
promosi bisnis Anda ke beberapa media iklan. Dua cara diatas adalah cara
yang cukup sering dilakukan oleh beberapa pelaku Netpreneur. Dimana
target utamanya mereka adalah bisa menghasilkan penjualan yang maksimal. Meskipun
sebenarnya budget iklan tidak sedikit, namun ini tetap dilakukan demi
meningkatkan jumlah penjualan, sehingga biaya iklan menjadi prioritas
pengeluaran yang cukup diperhitungkan.
Sebagian dari Anda mungkin belum bisa
cukup sukses hanya dengan melakukan cara diatas. Terkadang ada beberapa
poin yang masih terlupakan oleh penjual, misalnya Anda sudah
mengeluarkan biaya iklan yang tidak sedikit namun ternyata toko online
Anda sistemnya belum bisa berjalan dengan baik, hal ini tentu akan
sangat memperburuk citra toko Anda dimata konsumen. Nah dibawah ini ada
beberapa strategi atau cara agar toko online Anda bisa dimanfaatkan
untuk mendongkrak penjualan serta menambah profit bagi Anda.
1. Beri penawaran khusus pada satu produk tertentu atau paket jasa
Umumnya orang akan tertarik jika ada yang berhubungan dengan promosi seperti halnya diskon, cicilan 0% maupun buy 1 get 1 free, sesuatu
yang ‘seolah-olah’ menguntungkan pembeli seperti diskon tersebut,
membuat pembeli menjadi tertarik dan pastinya akan sesegera mungkin
melakukan pembelian, sebelum masa promo habis. Cobalah Anda menampilkan
promo khusus pada halaman utama toko online Anda dan buat kalimat yang
menarik agar pembeli bisa tertarik untuk melihat lebih jauh lagi
penawaran yang Anda lakukan.
2. Menambah list building untuk dijadikan prospek di masa depan
Sebelumnya jika Anda sudah membuat
promosi khusus sehingga beberapa pengunjung toko online Anda bisa
menjadi tertarik, manfaatkanlah untuk membangun calon daftar customer. Dengan
cara, ketika ada calon pembeli melihat penawaran Anda sebelumnya (poin
1) diatas, maka mintalah kepada mereka terlebih dahulu untuk memasukkan
alamat email customer sebelum mereka mendapatkan penawaran khusus
dari Anda tersebut. Alamat email yang sudah terkumpul ini nantinya bisa
Anda manfaatkan untuk melakukan penawaran-penawaran produk atau promo
lainnya melalui email calon pembeli.
3. Tingkatkan strategi promosi Anda dengan ber-iklan.
Masih berkaitan dengan strategi
sebelumnya. Jika Anda sudah melakukan dua cara diatas namun dirasa
jumlah daftar calon pembeli menurut Anda masih sangat kurang.
Tingkatkanlah dengan menambah budget iklan yang mengarah pada promosi
produk atau jasa yang Anda tawarkan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar
bisa terus meningkatkan daftar calon pembeli yang kedepannya bisa secara
langsung Anda jadikan sebagai prospek penjualan.
4. Perhatikan masalah konten penjualan.
Untuk strategi yang keempat ini mungkin
tidak secara langsung berkaitan dengan ketiga poin diatas. Namun tetap
bisa mendukung untuk meningkatkan jumlah calon pembeli.
Banyak beberapa pengusaha online merasa
gagal untuk meningkatkan jumlah penjualannya. Ini dikarenakan ada
beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satunya terkait dengan konten
produk yang ditawarkan. Biasanya banyak penjual yang tidak memperhatikan
masalah konten produk. Seperti judul produk, penulisan deskripsi
produk, dan juga foto produk. Banyak yang secara asal-asalan menuliskan
produknya secara singkat dan tidak detail, atau foto produknya tidak
bisa dilihat secara jelas. Ini yang nantinya bisa mengurangi nilai
kredibilitas atau reputasi Anda sebagai penjual dimata pembeli.
5. Fokuslah pada Customer Anda
Ketika Anda sudah mendapatkan jumlah
pengunjung website yang tinggi, kemudian ditambah dengan daftar calon
pembeli juga semakin banyak. Maka apa yang harus Anda lakukan
selanjutnya? Ingat, customer akan berkata jujur dan apa adanya,
jika pelayanan Anda bagus maka mereka tidak akan sungkan untuk bercerita
kepada rekan-rekannya tentang toko Anda. Begitu juga sebaliknya jika
pelayanan Anda mengecewakan maka bisa jadi customer tersebut akan lari meninggalkan Anda. Jadi utamakanlah bahwa customer bisa
mendapatkan apa yang mereka inginkan. Misalnya dengan Anda sering
memberi penawaran khusus kepada mereka, dan juga meningkatkan layanan customer care yang baik, serta memberikan apresiasi secara personal melalui email atau memberikan ucapan selamat kepada customer. Ini juga merupakan bagian dari strategi untuk mempertahankan konsumen.
Sebelum Anda menjalankan lima strategi
diatas, hal yang perlu digaris bawahi kembali agar penjualan Anda di
internet bisa terus meningkat, adalah dengan memperbaiki sistem pada
toko online Anda terlebih dahulu, kemudian tetap terus lakukan penawaran
kepada calon pembeli secara berkala, dan buatlah konsumen melakukan
pembelian kepada Anda secara terus menerus.
Sumber : NetPreneur.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar