Kepercayaan merupakan modal yang paling utama dalam berbisnis termasuk
dalam bisnis online. Jika kepercayaan tak dimiliki, maka akan sulit
untuk mendapatkan pelanggan yang akan percaya kredibilitas bisnis kita
dan akan ragu dalam bertansaksi. Disini saya akan memberikan tips
bagaimana menjadikan bisnis online Anda memiliki kepercayaan dari
pengunjung Website atau toko online.
1. Domain
Penggunaan nama domain sangat mempengaruhi pengunjung toko online, karena nama domain akan mempengaruhi tingkat kepercayaan buyer terhadap
pemilik toko online. Jika Anda ingin fokus ke toko online pastikan
jangan menggunakan domain gratis seperti Blog. Gunakanlah domain yang
berbayar seperti .com, .co.id, web.id, dan lain lain.
2. Produk Update
Sebagai pemilik toko online Anda harus rajin mengupdate produk
yang dijual. Hal ini sangat mempengaruhi keyakinan pengunjung toko
online untuk membeli produk yang Anda jual. Setiap produk yang di pajang
dalam toko online pasti akan menampilkan tanggal upload produk tersebut.
3. Contact Person
Setiap toko online wajib memiliki contact person. Buyer akan
menghubungi Anda jika ingin menanyakan kejelasan dan kepastian produk
yang dijual atau menanyakan harga dan pengiriman yang digunakan.
Pastikan contact person yang digunakan adalah kontak yang benar, jika kontak yang Anda gunakan di toko online tidak benar, maka buyer tidak akan melakukan transaksi di toko online yang Anda miliki.
4. Social Media Connection
Integrasikan semua social media dengan toko online yang Anda miliki sehingga calon buyer yang mengunjungi toko online Anda bisa menghubungi Anda selain menggunakan kontak. Buyer juga bisa melihat aktivitas atau history dari social media yang Anda punya. Keaktifan social media akan mempengaruhi tingkat kepercayaan toko online. Oleh karena itu updatelah setiap hari social media Anda sehingga buyer akan memiliki keyakinan bahwa toko online Anda benar-benar asli.
5. Percakapan
Percakapan penting dilakukan oleh pemilik toko online, penggunaan
testimonial belum tentu menimbulkan keyakinan seseorang untuk membeli,
hal ini dikarenakan banyak pemilik toko online yang memasang testimonial
palsu. Percakapan bisa dilakukan dengan membalas semua komentar yang
ada di toko online yang Anda punya atau menjawab pertanyaan di social media yang Anda miliki. Dengan adanya percakapan yang aktif akan membuat buyer tidak ragu lagi untuk melakukan transaksi.
Bagi Anda pelaku pebisnis online maupun offline, jangan sekali
kali melakukan penipuan karena akan berpengaruh terhadap bisnis Anda.
Kepercayaan yang Anda miliki sebaiknya dijaga karena sekali berbohong
kepada konsumen akan sulit untuk mengembalikan kepercayaan tersebut.
Sumber : PortalPengusaha.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar