Saat ini untuk melakukan sebuah
penjualan kebanyakan lebih berkonsentrasi terhadap penjualan baru atau
sekedar mengejar keuntungan yang lebih besar. Tapi belum tentu pelanggan
akan bisa menjadi customer loyal. Menjaga bisnis Anda agar tetap
berkembang adalah dengan cara membuat konsumen atau pelanggan menjadi
loyal kepada kita.
Rahasia untuk menindaklanjuti bisnis
agar terus berkembang salah satu caranya adalah dengan memberi kesan
positif kepada pelanggan.
Contoh sederhana yang bisa Anda lakukan
dengan mudah misalnya ketika Anda menelepon pelanggan untuk mengucapkan
“terima kasih” dan cobalah untuk mencari tahu apakah konsumen senang
dengan produk atau jasa Anda?
Selain itu, ada beberapa cara yang cukup
efektif untuk menindaklanjuti dan bisa memastikan bahwa bisnis Anda
akan selalu diingat oleh konsumen:
1. Biarkan pelanggan tahu apa yang Anda lakukan untuk mereka.
Ini bisa dilakukan dalam bentuk
pengiriman newsletter yang dikirimkan kepada pelanggan, atau bisa lebih
informal, seperti panggilan telepon. Apapun metode yang Anda gunakan,
kuncinya adalah untuk memberitahukan secara personal kepada pelanggan
dan pastinya mereka akan lebih merasa dihargai dengan kita memberikan
info-info terbaru tentang produk atau jasa kita. Jika Anda tidak pernah
memberitahukan produk atau program promo yang Anda tawarkan mungkin
konsumen tidak akan tahu.
Meninggalkan pesan suara, email ataupun
alat komunikasi lain yang tidak bisa menghubungkan kita secara langsung
sepertinya akan membuat kedekatan kita dengan konsumen terlihat agak
kurang. Cobalah untuk membangun hubungan yang baik secara personal
dengan konsumen seperti misalnya Anda bisa sesekali datang kekantornya
atau tempat usaha mereka. Meski hanya sekedar untuk melihat-lihat
aktifitasnya, namun dengan Anda berkunjung ketempat pelanggan mungkin
saja Anda bisa belajar lebih dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan
oleh pelanggan Anda.
Kirim kartu ucapan ulang tahun kepada
pelanggan, mengirim kartu ucapan perayaan hari besar, ataupun memberikan
hadiah special kepada pelanggan adalah cara follow up yang sangat baik
untuk membangun loyal konsumen.
4. Menyampaikan informasi.
Jika Anda kebetulan sedang membaca
sebuah artikel, melihat sebuah buku baru, atau mendengar tentang sebuah
organisasi yang pelanggan mungkin akan tertarik, buat sebuah pesan
singkat kepada pelanggan agar informasi yang baru Anda dapatkan tersebut
bisa segera sampai kepada mereka.
5. Layanan Pelanggan
Sebisa mungkin buatlah komunikasi Anda
dengan pelanggan jauh lebih mudah. Jangan sampai ketika pelanggan Anda
membutuhkan layanan after sales dari Anda namun kenyataannya Anda sangat sulit untuk dihubungi. Jika mungkin terlalu sibuk, Anda juga bisa menunjuk seorang customer service
untuk membantu Anda menanggapi jika ada keluhan dari pelanggan. Respon
cepat dan tanggap, akan membuat pelanggan menjadi lebih percaya bahwa
perusahaan Anda benar-benar serius untuk melayani konsumen dengan baik.
Sumber : NetPreneur.co.id
Sumber gambar : http://rufblog.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar