Omset Anda stagnan
dan tidak meningkat? Mungkin saja Anda belum mengoptimalkan
strategi-strategi untuk meningkatkan penjualan. Salah satu strategi yang
bisa Anda terapkan adalah strategi pengembangan produk.
Produk
tak dipungkuri menjadi salah satu bagian penting dalam bisnis yang bisa
membantu Anda meningkatkan penjualan. Produk yang berkualitas baik
tentunya adalah sebuah kepastian, tanpa itu Anda tidak akan bisa
mengoptimalkan penjualan Anda.
Strategi apa saja yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan dengan produk
1. Product Trial
Hilangkan
keraguan calon konsumen terhadap produk Anda. Berikanlah mereka
“pengalaman” terhadap produk Anda untuk meningkatkan keyakinan mereka
dalam membeli produk Anda. Berikan sampel produk dalam ukuran kecil
dalam bentuk tester, dll.
2. Detail Fitur Unggulan
Untuk
membuat calon konsumen yang ragu menjadi yakin, Anda perlu menjelaskan
kelebihan Anda dibanding pesaing. Jelaskan detail info produk Anda,
kenapa mereka harus membeli produk Anda. Fokuslah pada kelebihan produk
Anda, bukan kekurangan produk lain.
3. Memberikan Hadiah
Gimmick
atau hadiah membantu Anda meningkatkan nilai tambah dan menciptakan
penawaran yang menarik. Hadiah bisa sesuatu yang masih terkait atau
tidak terkait.
4. Paket Produk
Cara
ini umum digunakan untuk memperbesar penjualan. Cara yang digunakan
adalah membuat produk dalam bentuk paket. Paket yang dibuat bisa
berdasarkan momen (hari raya, tahun baru). Fungsi (paket pemutih,
peninggi badan), dll.
5. Detail Manfaat
Ketika
sebelumnya Anda menceritakan kelebihan produk. Di strategi ini Anda
diharuskan menceritakan solusi apa yang bisa Anda berikan kepada
konsumen Anda.
6. Produk Terbatas
Konsumen
umumnya menyukai sesuatu yang sifatnya terbatas, karena ada kesan
eksklusif di dalamnya. Ciptakan ini dengan buat penawaran edisi
terbatas. Bisa dengan produk yang dibuat dalam jumlah tertentu atau
produk yang memiliki value added dalam jumlah tertentu, atau bisa jumlah tertentu mendapatkan harga tertentu.
7. Demo Produk
Untuk
Anda yang memiliki produk-produk tertentu yang mengharuskan Anda
menunjukkan fungsi-fungsinya. Buatlah konsumen yakin dengan produk Anda
dengan memperagakan fungsi kegunaan produk. Dalam memperagakan produk,
buatlah presentasi yang baik dan menampilkan kelebihan produk Anda
dengan maksimal.
8. Perbandingan Hasil
Untuk
produk-produk bidang kecantikan atau kesehatan (peninggi, penghilang
lemak, mempercantik, dll) Anda perlu meyakinkan konsumen dengan membuat
perbandingan hasil dari pemakaian produk Anda. Tonjolkanlah visualisasi
yang signifikan sehingga konsumen yakin, jujurlah dalam menampilkan
visualisasi.
9. Pencapaian Produk
Jika
Anda mengikuti kejuaraan, sayembara atau perlombaan. Jangan ragu untuk
menampilkan piagam atau bukti kejuaraan Anda kepada calon konsumen Anda.
Pencapaian produk juga bisa menunjukkan banyaknya konsumen yang di handle atau rekor-rekor lain yang tercipta.
Sumber : PortalPengusaha.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar