Ngobrolin lagi social media pada kesempatan kali ini saya ingin membahas
sedikit mengenai trend social media khususnya dalam konteks user
(konsumen) dan fungsi dalam bisnis, kenapa? karena dalam kenyataannya
kemunculan social media ini menjadi dua sisi mata uang dalam bisnis.
Pertama bagi para pelaku bisnis konvensional kemunculan social media ini
tentunya menjadi ancaman bermunculannya pesaing baru, kedua bagi
sebagaian orang dan pelaku bisnis konvensional kemunculan social media
menjadi peluang yang sangat menarik dan menjanjikan.
Dalam konteks analisa 4C khususnya aspek costumer trend merupakan salah
satu aspek yang turut berpengaruh pada pola perilaku konsumen (costumer
behaviour) yang secara tidak langsung juga akan berdampak kepada para
pelaku bisnis yang memanng menjadi bagian penting dari konsumen itu
sendiri.
Nah langsung saja kita bahas kedua point tersebut, mengenai bagaimana
melihat trend social media dalam bisnis dalam hal ini sebagaian pelaku
bisnis melihatnya sebagai peluang namun disatu sisi bagi pelaku bisnis
lainnya melihatnya sebagai sebuah ancaman. Monggo, dibaca saja.
1. Trend social media sebagai peluang
Ada dua hal penting yang akan dibahas dalam konteks
melihat trend social media sebagai peluang, pertama adalah dari segi
konsumen yang mengalami pergeseran perilaku konsumsi diantaranya adalah
berbelaja secara online (membeli sesuatu melalui social media), kedua
adalah mereka senang sekali untuk share (berbagi) mengenai sesuatu hal
yang sangat mereka sukai kepada temannya, salah satu contoh ketika
seorang wanita melihat sebuah produk tas yang lucu kecenderungan paling
besar mereka akan share konten tersebut kepada temannya, dengan demikian
efek promosi viral akan semakin besar dan meluas terlebih jika disertai
testimonial positif dari konsumen yang sudah membeli akan menjadi
sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis.
Konteks kedua adalah dari segi pelaku bisnis, dimana dalam hal ini
adalah banyak bermunculannya pelaku bisnis baru #startup yang
memanfaatkan fungsi social media yang pada awal kemunculannya sebagai
jaringan pertemanan kini menjadi jaringan bisnis.
Memang tidak heran kenapa social media dipilih oleh banyak orang sebagai
channel penjualan, pertama karena social media menawarkan cost yang
sangat murah bahkan cenderung gratis, namun dibalik sebua itu menawarkan
impact yang sangat besar bagi penjualan karena salah satunya adalah
market share yang luas. Sehingga social media merupakan momentum besar
bagi para digitalpreneur untuk muncul bahkan mengembangkan bisnisnya
lebih besar dari sebelumnya.
Nah dari kedua hal tersebut, kita bisa menyimpulkan bersama mengenai
trend social media sebagai peluang disini adalah ketika seseorang
berhasil menjadikan social media sebagai peluang bisnis, dengan berkaca
pada kondisi trend social media di kalangan konsumen dan perubahan pola
konsumsi masyarakat dikarenakan impact social media ini, kedua peluang
social media sebagai channel pemasaran yang murah khususnya bagi para
startup business yang terkendala dengan masalah modal.
2. Trend sebagai ancaman
Bagaimana dengan trend social media sebagai ancaman? Bagaimanakah
ancaman yang dimaksudkan? adalah trend munculnya pesaing bisnis baru
khususnya para startup business yang menggunakan social media sebagai
channel pemasaran, karena seperti diketahui dan sudah dijelaskan
sebelumnya bahwa social media merupakan media penjualan yang sangat low
cost namun high impact.
Nah dengan kondisi tersebut, kemunculan para pesaing baru ini tentunya
menjadi semakin serius ketika memiliki advantage dari segi cost dan
varian produk yang biasanya lebih murah dan lebih banyak dibandingkan
pelaku bisnis konvesional (non social media), dan tentunya ini menjadi
ancaman bagi pelaku bisnis konvensional.
Dengan demikian salah satu upaya dalam mengatasi ancaman ini tentunya
adalah dengan melakukan penyesuaian bisnis konvensional yang sudah
dijalankan menjadi goes online salah satunya melalui pengembangan dan
pemanfaatan social media sebagai chanel pemasaran, karena jika tidak
melakukan hal tersebut hanya akan ada dua hal, pertama bisnisnya
tergerus oleh para startup business yang bermunculan, kedua kalah
langkah karena pesaing mulai bergerak ke online untuk menyesuaikan
dengan consumer behaviour netizen saat ini.
Ancaman atau peluang? Bagaimana Brand bisa memanfaatkan dan beradaftasi dengan media ini tentunya.
Sumber : CreasionBrand.blogspot.com
Menu
- Amplop
- Brosur
- Buku Yasin Tahlil
- Block Note
- Kartu Nama
- Kop Surat
- Nota HVS & Dorslag
- Nota NCR
- Paper Bag
- Pulpen Souvenir
- Roll Up Banner
- Voucher Art Paper
- Stempel Flash
- Stempel Kayu
- Stempel Trodat
Jumat, 17 Juni 2016
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar