Sebagai tenaga pemasar--marketer di perusahaan farmasi waktu itu,
berpikir positif merupakan kekuatan guna keberhasilan di dalam penjualan
dan karir. Ketika saya masih menjadi Area Manager untuk wilayah Bali
dan Nusa Tenggara, yang membawahi beberapa tenaga pemasar di principal,
dan berkoordinasi dengan distributor nasional PT. Kimia Farma Trading
& Distribution, PT. Anugerah Pharmindo Lestari, dan PT.. Milenium
Pharmacon Internasional. Dimana setiap hari, kami harus berkoordinasi
dengan salesman distributor guna peningkatan penjualan produk-produk
yang kami bawa; maka sikap mental yang kuat untuk berpikir positif guna
pencapaian kinerja penjualan yang tinggi harus kami kedepankan.
Tanpa sikap mental positif, sulit bagi kami untuk mencapai penjualan
yang tinggi setiap bulannya, dan sukses dalam karir. Sikap mental yang
positif ini, kami bangun dari aktifitas setiap harinya, mulai dari jam
masuk kerja, dengan mengadakan session morning, yaitu pertemuan pagi
hari guna menyemangati tim kami untuk bekerja dengan semangat melalui
sharing tips-tips motivasi dan yel-yel wajib. Di sore harinya pun, pasca
kunjungan niaga (sales call) pertemuan kami lakukan untuk mengevaluasi
kerja harian kunjungan kami ke setiap outlet yang telah direncanakan,
pagi harinya.
Sikap mental berpikir positif ini kami bangun dari rasa percaya diri
terhadap diri, produk yang ditawarkan, dan perusahaan tempat bekerja.
Pertama, rasa percaya diri dibangun dari 1) selalu berpenampilan rapi
pada setiap kunjungan niaga--pastikan baju, celana, sepatu anda yang
anda pakai dalam keadaan rapi; 2) bersahabat dan ramah pada setiap key
person outlet yang kami kunjungi; 3) berpikir positif bahwa anda mampu
untuk berhasil, pikirkan keberhasilan, maka anda akan berhasil--you are
what you think you are? Jangan pernah terbersit dan terucap bahwa “ini
tidak mungkin!” “saya tidak mampu!” “saya akan gagal!” karena anda
sendiri yang akan menformat keberhasilan dan kegagalan anda tersebut.
Kedua, yakin akan keunggulan produk yang dijual; untuk itu, informasi
produk harus dikuasai oleh seorang tenaga penjual, informasi ini
mencakup ciri khusus (feature) dan manfaat yang timbul dari feature
tersebut (product benefit). Feature dan benefit produk ini yang akan
ditawarkan ke konsumen anda. Seperti feature sebuah kapsul obat bebas
prostat yang terbuat dari bahan alami dengan kapsul yang juga terbuat
dari bahan alami (Vcaps), berarti benefit bagi pengguna adalah aman
dikonsumsi, relatif tanpa efek samping, dan baik dikonsumsi bagi mereka
yang vegetarian. Nah, keyakinan dan sikap positif atas keunggulan produk
ini harus diyakini dahulu oleh tenega penjual, dan baru kemudian
ditawarkan ke pada konsumennya.
Ketiga, rasa positif ini juga harus diyakini terhadap perusahaan tempat
wiraniaga bekerja; yaitu yakin bahwa perusahaan akan memberikan imbalan
yang pantas berupa incentive, jenjang karir, pelatihan, atau promosi.
Banyak contoh mereka, yang berkarir sebagai seorang tenaga
pemasar/wiraniaga di perusahaan manufacturing dan distribusi, yang
melandasi kepada ketiga hal positif di atas, hingga saat ini, mereka
berhasil dalam karir penjualan. Oleh karenanya, seorang salesman atau
wiraniaga harus percaya diri, bergairah, dan bersemanggat dalam menekuni
dan menjalankan pekerjaannya; kesuksesan berawal dari sikap positif
anda!!! Salam Sukses..........!
Sumber : AndrieWongso.com
Menu
- Amplop
- Brosur
- Buku Yasin Tahlil
- Block Note
- Kartu Nama
- Kop Surat
- Nota HVS & Dorslag
- Nota NCR
- Paper Bag
- Pulpen Souvenir
- Roll Up Banner
- Voucher Art Paper
- Stempel Flash
- Stempel Kayu
- Stempel Trodat
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar