Orientasi bisnis masa depan adalah bisnis online, dimana
para buyer lebih memilih membeli kebutuhan mereka melalui online. Hal ini bisa dibuktikan dengan maraknya toko online di internet serta mulai
berpindahnya aktivitas penjualan offline
ke online. Tak jarang pemilik toko online hanya asal membuat toko onlinenya saja, tanpa mengetahui hal-hal
dasar yang harus dioptimalkan. Sehingga yang terjadi, toko online mereka menjadi sepi pengunjung dan tak laku. Berikut
beberapa tips-tips yang membantu Anda dalam mengoptimalkan toko online.
1. Nama Domain
Penggunaan nama domain sangat mempengaruhi pengunjung toko online, karena nama domain akan
mempengaruhi tingkat kepercayaan buyer
terhadap pemilik toko online. Jika Anda ingin fokus ke toko online pastikan jangan menggunakan
domain gratis seperti Blog. Gunakanlah domain yang berbayar seperti .com, .co.id,
web.id, dan lain lain.
2. Penggunaan
Template
Template yang baik akan membuat pengunjung toko online Anda betah berlama-lama
didalamnya sehingga membuat pengunjung mempunyai banyak waktu untuk melihat-lihat
dan akhirnya membeli produk Anda. Template disini membantu Anda menempatkan
produk unggulan untuk berada di tampilan utama serta membuat produk yang dijual
terlihat menarik. Kemaslah toko online
secara terstruktur, rapi dan mudah dipahami. Penempatan tombol beli, keranjang
serta penjelasan produk harus ada dan berada di posisi yang tepat.
3. Pemilhan Warna
Penggunaan warna dalam toko online juga mempengaruhi tingkat pembelian dan kunjungan. Carilah
warna yang sesuai dengan karakter produk yang Anda jual. Contohnya jika Anda
menjual produk produk fashion wanita,
gunakan warna-warna yang disukai wanita seperti pink, merah dan oranye. Jika
yang dijual produk anak-anak gaul, gunakan warna terang.
4. Kolom Artikel
Kolom artikel juga penting dalam toko online. Kolom artikel ini adalah kolom edukasi kenapa buyer
harus membeli produk yang Anda jual. Penjelasan tentang bagaimana Anda mengemas
dan membuat produk yang Anda jual, akan sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan
calon konsumen. Dengan adanya kolom artikel ini diharapkan buyer akan
mendapatkan informasi bermanfaat sehingga buyer
akan paham konsekuensi atau manfaat jika buyer
membeli produk yang Anda jual.
5. Miliki Koneksi ke
Twitter, Facebook, Chat dan Contact
Person
Pemilik toko online
wajib mengintegrasikan koneksinya ke media sosial yang mereka punya. Hal ini
akan memudahkan buyer untuk
berinteraksi secara langsung ke Anda. Selain media sosial, pasanglah kolom chat di toko online dan berikan informasi-informasi yang dibutuhkan seperti
email, nomor hp, dan lain lain. Dengan memiliki banyak akses untuk
berkomunikasi dengan Anda, maka toko online
yang Anda punya akan semakin dipercaya.
Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:
Posting Komentar