Pertanyaan ini yang seringkali ditanyakan
kepada saya oleh beberapa orang yang konsultasi mengapa strategi social
media mereka tidak memberi perubahan terhadap bisnis yang saat ini tengah
mereka jalankan. Dan saat mereka tanyakan pertanyaan tersebut, banyak yang baru
mengetahui bahwa aktivitas social media Anda dapat diukur. Apa Anda
termasuk salah satu diantaranya?
Berbeda dengan media konvensional seperti billboard,
reklame, dll, yang cukup sulit untuk melakukan pengukuran akan hasil yang
didapat, di media digital, semua aktivitas yang Anda lakukan dapat diukur
termasuk juga dengan aktivitas di social media. Anda dapat mengevaluasi
apakah strategi yang telah Anda rencanakan dan lakukan telah mencapai hasil
yang diinginkan, bila tidak, Anda dapat segera melakukan perubahan strategi.
Karena social media ini merupakan sebuah investasi, saya yakin semua
orang yang telah mengeluarkan biaya untuk berinvestasi pasti ingin tahu apa
hasil dari investasinya tersebut.
Ada berbagai
aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran ini baik yang berbayar
ataupun yang gratis. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh
teman-teman untuk membantu pengukuran.
1. Tweetreach.com
www.tweetreach.com merupakan aplikasi pengukuran yang dapat digunakan
secara gratis maupun berbayar. Bila Anda menggunakan fitur gratis, maka
pengukuran yang dapat dilakukan hanya untuk 50 tweet terakhir dari keseluruhan
tweet yang ada. Hasil yang Anda dapat dengan menggunakan aplikasi ini ialah
data jumlah audience yang dapat Anda jangkau melalui tweet dan content
yang Anda publish yang digambarkan dalam satuan accounts reached
dan impressions.
Twtrland.com merupakan aplikasi pengukuran Twitter yang dapat digunakan
untuk melakukan beberapa jenis pengukuran seperti jenis kelamin follower
Anda, status & efektivitas tweet Anda, demografi follower
bahkan sampai skill yang dimiliki oleh follower yang Anda miliki.
Cobalah ukur kredibilitas akun Twitter Anda
dengan menggunakan aplikasi ini. Pengukuran akan digambarkan dalam bentuk score
dengan nilai maksimal 100 dan kategori akun Anda, apakah viewer, commentator,
curator, idea starter atau amplifier. Untuk akun Twitter saya berada pada
nilai 58,7 dan menempati kategori Curator.
Untuk melakukan tingkat keaktifan akun
Twitter Anda, klout.com merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan. Keaktifan
yang dimiliki direpresentasikan dalam nilai 1-100, semakin tinggi nilai yang
didapat maka akan semakin baik. Aplikasi ini gratis, Anda hanya tinggal sign-in
dengan menggunakan akun Twitter Anda lalu melakukan pengukuran.
Mungkin sebagian Anda telah mengetahui
bahkan menggunakan aplikasi hootsuite.com ini untuk melakukan schedule
untuk content social media yang Anda miliki. Namun selain untuk aplikasi
autoschedule, hootsuite.com juga menyediakan fasilitas untuk melakukan
pengukuran untuk akun social media Anda ataupun topik-topik yang sedang dibicarakan.
Sebagai contoh saya mengambil topik mengenai wafatnya salah satu tokoh
perdamaian dunia, Nelson Mandela yang beberapa hari sempat menjadi topik yang
paling banyak dibicarakan. Hasil pengukuran di hootsuite.com yang saya dapatkan
adalah sebagai berikut
Pada saat waktu wafatnya pada 6 Desember 2013 kemarin, tweet yang
menyertakan #RIPNelsonMandela mencapai jumlah lebih dari 1 juta tweet dan total
tweet yang menyertakan nama Nelson Mandela mencapai lebih dari 5 juta tweet.
Selain untuk pengukuran mention, ada beberapa jenis pengukuran
yang disediakan oleh hootsuite.com disesuaikan dengan poin yang Anda miliki.
Sebenarnya masih banyak jenis aplikasi yang
dapat Anda gunakan untuk melakukan pengukuran seperti crowdbooster.com,
tweetbinder.com, facebook insight, dll, sesuai dengan data yang Anda
butuhkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan aplikasi tersebut ialah,
beberapa aplikasi ini menyediakan masa trial. Pastikan agar Anda
memastikan waktu habis periode trial tersebut dan sebisa mungkin sign
out dari aplikasi tersebut bila Anda tidak ingin memperpanjang. Hal ini
dilakukan untuk menjaga keamanan dari akun social media Anda.
Dalam
melakukan pengukuran juga cobalah gunakan beberapa aplikasi untuk melengkapi
data yang Anda butuhkan karena masing-masing aplikasi yang ada menggunakan
standar perhitungan yang berbeda untuk merepresentasikan strategi yang Anda
lakukan.
Mudah bukan? Segera cek strategi yang Anda
lakukan di social media Anda, apakah telah memberi hasil sesuai yang
Anda rencanakan atau tidak.
Sumber : PortalPengusaha.com






Tidak ada komentar:
Posting Komentar