Memulai bisnis online di kala sudah ada
banyak persaingan tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Bila sudah
memulai, Anda harus sangat menjalaninya dengan sabar, teliti, dan terus
memiliki inovasi yang kreatif.
Hal yang paling utama dalam bisnis
adalah brand. Ibaratnya, brand merupakan nyawa dalam bisnis Anda. Saat
sudah menemukan nama dan logo yang cocok untuk brand bisnis Anda, itulah
saatnya Anda mencari cara memperkenalkan dan memasarkan brand tersebut.
Saat proses ini terpenuhi dengan baik, langkah selanjutnya adalah
bagaimana cara Anda membangun sebuah reputasi yang baik di masyarakat.
Membangun reputasi bukan hanya bagaimana
Anda mengkomunikasikan itu secara langsung kepada pelanggan, tapi
bagaimana Anda membangun reputasi online bisnis Anda. Alasannya, karena
perkembangan teknologi kini akan berpengaruh pada semua kegiatan,
termasuk promosi bisnis, apalagi bila bisnis yang Anda jalankan adalah
berupa toko online.
Untuk membangun reputasi brand di bisnis online ini, Anda bisa menyimak tips berikut:
1. Waspada
Selalu online di sosial media ternyata
sangat bermanfaat dalam membangun reputasi bisnis. Anda harus rajin
memantau dan mengamati percakapan yang terjadi pada akun atau postingan
di social media Anda. Apa saja yang orang lain bicarakan? Bisnis,
produk, layanan, pesaing Anda, ataukah hal lainnya dari kesemua topik
tersebut? Manfaatkan informasi yang bisa Anda kumpulkan untuk dicari
mana topik yang dapat membangun atau malah menjatuhkan bisnis Anda.
2. Jujur
Jaga kejujuran disaat Anda berniat
mencari kepercayaan dari pelanggan dan calon pelanggan Anda. Jika Anda
melakukan kesalahan, jangan sungkan mengakuinya dan meminta maaf kepada
mereka. Jika masalah yang terjadi adalah kesalahan pada produk, maka
jujurlah pada pelanggan tentang apa yang terjadi. Orang – orang akan
lebih menghargai suatu komunikasi yang dilandasi kejujuran daripada
hanya mengumbar janji dan promosi semata.
3. Terbuka
Tidak mudah menemukan pribadi atau suatu
perusahaan yang mau terbuka kepada pelanggan mereka, tapi sebenarnya
keterbukaan diperlukan dalam bisnis Anda. Ketika perusahaan, produk,
layanan, atau karyawan Anda berada dibawah tekanan dan serangan, maka
ini akan sulit untuk bersikap tertutup. Namun jika Anda menunjukkan
kesediaan untuk berbicara dan berbagi sedikit dengan mereka, mereka akan
menciptakan kesan keterbukaan antara bisnis dengan pelanggannya, dan
akan secara otomatis menciptakan pelanggan yang setia untuk bisnis Anda.
4. Jadilah Aktif
Sosial media bukan hanya tempat
melakukan promosi secara massal tanpa ada interaksi apapun. Usaha Anda
untuk menjalin hubungan baik dan komunikasi dengan pelanggan dapat
terwujud dari keaktifan Anda berinteraksi dengan mereka. Cobalah untuk
bisa menjadi teman dan pemberi solusi bagi setiap masalah bisnis yang
mereka hadapi. Saat mereka datang kepada bisnis Anda, mereka menaruh
harapan bahwa bisnis Anda mampu menjadi solusi bagi mereka. Nah, tugas
Anda adalah menjadi lebih aktif untuk bertanya dan menyuguhkan apa yang
mereka butuhkan.
5. Konsisten
Saat sebuah bisnis sudah mulai tumbuh
dan berkembang menjadi lebih besar, mereka akan dituntut untuk bisa
konsisten di segala bidang, baik secara visi misi, planning kerja, atau
bahkan kegiatan promosi mereka. Maka penting bagi sebuah bisnis untuk
bisa menunjukkan konsistensi mereka dalam segala hal. Tujuannya adalah
untuk benar – benar membentuk karakter bisnis tersebut dan juga
membangun reputasi baik secara online ataupun offline pelanggan mereka.
6. Kreatif
Teknologi akan terus berkembang,
begitupula sosial media, dimulai dari template, cara posting, hingga
audienspun akan terus berkembang. Ini yang memaksa pebisnis untuk bisa
lebih dan selalu kreatif dalam melakukan kegiatan promosi mereka.
Pebisnis juga harus kreatif dalam membentuk reputasi di masyarakat,
supaya tidak terjadi kejenuhan di kalangan pelanggan. Kembangkanlah ide –
ide untuk bisa mendekatkan brand kepada pelanggandansekaligus membawa
Anda untuk mendapatkan bukan hanya reputasi, tapi tentu saja pelanggan
yang lebih banyak lagi.
7. Tetaplah Bangga
Penting bagi sebuah perusahaan memiliki
karyawan yang bangga terhadap Visi Misi yang akan dicapai oleh
perusahaan tersebut. Rasa bangga ini akan memacu karyawan untuk
memberikan yang terbaik bagi perusahaan, juga akan membantu karyawan
dalam mengenalkan perusahaannya kepada masyarakat luas dan menciptakan
reputasi baik di dalamnya. Karena bagaimanapun, masyarakat akan mudah
percaya dari apa yang mereka dengar. Baik buruknya perusahaan adalah
kunci keberhasilan pembangunan reputasi bisnis di masyarakat.
Sumber : Netpreneur.co.id

Tidak ada komentar:
Posting Komentar