Menu

Senin, 02 Mei 2016

8 Langkah Membangun Konsumen Behavior

Media Promosindo
Mengapa kita memilih sebuah merek dibanding merek yang lain? Kesetiaan terhadap suatu merek bukanlah sebuah tindakan, melainkan tindakan emosional, dan seorang yang loyal terhadap suatu merek mempunyai ikatan yang kuat terhadap merek tersebut. Seperti yang dikatakan Woody Allen dalam Annie Hall, "A relationship, I think, is like a shark. It has to constantly move forward or it dies.
 
Tantangan yang muncul bagi sebuah merek adalah bagaimana membangun sebuah ikatan emosional kepada pelanggan dan bisa mempertahankan hal tersebut.  Bagaimanakah sebuah merek dapat mendapatkan pelanggan dan membuat mereka setia dan menjadi loyal terhadap sebuah merek. Berikut ini adalah delapan langkah untuk membangun hubungan dengan konsumen secara online. 
 
1. Tentukan Karakter Anda 
Saat ini merupakan zaman social media, hampir setiap orang sekarang memiliki akun social media. Sebagai sebuah bisnis yang mencoba menjalin ikatan terhadap orang-orang tertentu Anda harus mengetahui dengan pasti siapa orang-orang yang perlu Anda dekati.
Anda harus mengetahui dan mendetailkan sebisa mungkin tipe pelanggan yang ingin Anda dekati kebiasaan  dan apa yang mereka sukai, apa yang mereka makan untuk sarapan, apa buku yang mereka baca, dan juga bagaimana mereka menghabiskan penghasilan mereka.
Kenali  pelanggan Anda, semakin dekat  Anda dengan mereka, semakin mudah Anda bernegosiasi dengan mereka. 
 
2. Katakan pada Setiap Orang Anda Mencari 
Jika Anda mencari teman untuk bermain golf ataupun teman-teman yang ingin Anda ajak bermain futsal bersama, pasti yang Anda lakukan adalah membuat orang-orang tahu kalau Anda sedang mencari teman.  Hal tersebut tidak ada bedanya dengan yang terjadi dalam sebuah bisnis. Anda pasti ingin disejajarkan dengan orang-orang atau grup yang bisa membantu Anda menemukan tipe konsumen yang Anda buat tadi.

Orang-orang dan  grup-grup tersebut merupakan influencer yang memiliki interaksi secara langsung dengan orang-orang yang merupakan tipe pelanggan Anda, para influencer tersebut juga telah memiliki kepercayaan dari orang-orang tersebut.

Cari cara untuk bisa bekerja atau berpartner dengan para influencer tersebut. Buat mereka melihat passion Anda. Orang ataupun sebuah bisnis yang dirasa memiliki kesamaan pandangan akan membuat mereka tertarik, dan itu kunci yang Anda butuhkan. Lakukan hal tersebut dengan menciptakan simbiosis yang saling menguntungkan bersama para influencer tersebut.

3. Lihat Setiap Part-nya
Cari tahu apa yang bisa membuat tipe pelanggan Anda tertarik dan yakinkan mereka kalau Anda seperti yang mereka inginkan. Untuk dapat melakukan hal tersebut Anda harus mengetahui social media apa yang mereka sukai dan bagaimana cara mereka mengakses social media mereka. Suasana online yang mereka rasakan dapat meningkatkan ketertarikan mereka.

4. Tatap Mata Mereka
Setiap orang ingin terlihat sebagai orang yang baik. Pelanggan Anda ingin tahu bahwa Anda dekat dengan mereka. Dengan demikian Anda dapat mengerti dari mana asal mereka dan apa yang mereka pikirkan. Bangun konversasi dua arah dan cari tahu lebih dalam dari mana mereka berasal  dan apa yang mereka inginkan. Buatlah mereka berbicara dan pastikan Anda mendengarkan.
 
5. Menyampaikan Nilai
Pastikan merek Anda berbicara kepada tipe pelanggan Anda. Konsumen Anda menginginkan Anda bisa menjadi solusi buat mereka, jika Anda tidak bisa melakukan hal tersebut, tidak ada alasan untuk membeli produk Anda lagi. Tunjukkan kepada mereka bahwa produk Anda memiliki sebuah nilai, dan mereka pun akan kembali untuk membeli produk Anda lagi.
 
6. Mintalah Komitmen
Jika hubungan konsumen dengan merek terjadi antara Anda dan pelanggan Anda, yang Anda perlu Anda lakukan adalah “mengikat mereka” . Tapi sebelum Anda bisa dekat atau memulai hubungan, Anda harus tahu apa yang ingin pelanggan Anda lakukan untuk Anda. 
 
Hal yang mungkin saja di lakukan seperti membagikan pesan Anda, memberikan kontak mereka atau melakukan pembelian. Apapun yang Anda ingin mereka lakukan, jangan pernah membiarkan mereka pergi tanpa mereka tahu dengan jelas apa yang Anda inginkan, dan lakukan konfirmasi jika mereka sudah melakukan hal-hal tersebut. 
 
7. Jaga Terus Semangat Anda 
Bertanyalah pada orang yang sudah membangun hubungan dengan pelanggannya, mereka akan mengatakan bahwa hubungan kedekatan antar pelanggan harus terus dipertahankan.
Bayangkan pesan yang ingin Anda sampaikan dan buatlah target, itu akan menarik pelanggan baru Anda seiring Anda me-maintance passion Anda. Isi energi dari pesan yang ingin Anda sampaikan secara terus menerus untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk merek Anda. 
 
8. Tingkatkan Performa Anda 
Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mengukur perkembangan hubungan Anda dengan pelanggan adalah dengan mengevaluasi hasilnya. Anda perlu mengukur segala sesuatu yang berkaitan dengan pencapaian target Anda, seperti traffic, engagement, conversion, dan lain-lain.  Hal ini akan membantu Anda memperlihatkan perkembangan. 
 
Terapkan delapan langkah di atas dan Anda pun akan berada dalam simbiosis mutualisme dengan pelanggan Anda. Memperkenalkan merek yang efektif lebih kompleks dibanding sebelumnya dan kini para pelanggan lebih cerdas. Dibutuhkan kecerdikan dan visi yang nyata untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan emosional dengan pelanggan Anda dan membuat mereka untuk datang kembali. 

Sumber : PortalPengusaha.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar