Sekarang ini eCommerce adalah
media yang paling banyak digunakan penjual dalam bisnis online. Karena relatif
mudah, tanpa biaya dan siapa saja bisa berjualan di situs tersebut. Transaksi
pun menjadi lebih mudah dengan beberapa klik. Biaya operasional pun tidak
tinggi. Biaya operasionalnya hanya biaya internet dan pengiriman barang.
Situs eCommerce memberi akses bukan hanya ke pasar lokal tapi juga pasar
nasional, internasional, bahkan global. Ini karena situs eCommerce dapat diakses dari belahan dunia mana pun memperluas
jangkauan pasar. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan permintaan dari
luar negeri setelah membaca situs eCommerce
Anda.
Tapi tidak semua mengerti cara memaksimalkan fasilitas yang diberikan sebuah
situs agar bisa cepat sukses. Meskipun relatif mudah, faktanya masih banyak
penjual yang tidak mengerti langkah-langkah cepat sukses berjualan di eCommerce,
sehingga berdampak buruk pada angka penjualan produknya. Berikut ini 6 Langkah
mudah cepat sukses berjualan di eCommerce :
1. Penulisan Judul Jangan Pendek-Pendek
Penulisan judul berpengaruh pada pencarian di
eCommerce. Semakin deskriptif judul yang dituliskan akan semakin mudah pencarian
untuk produk yang Anda jual. Pastikan jangan hanya cuma "jersey” tapi harusnya
lebih deskriptif lagi, misal
“Jersey Arsenal” atau “Jersey Barcelona”.
2. Penulisan Deskripsi Barang
Penulisan deskripsi barang sebaiknya jelas,
tidak terlalu panjang dan tidak asal copy paste dari
deskripsi pabrik. Lebih baik membuat deskripsi produk dengan bahasa sendiri dengan
lebih menonjolkan manfaat produk. Itu juga karena akan mudah ditemukan search
engine.
Gunakan bahasa yang mudah di mengerti dan
sederhana agar konsumen bisa mengerti kegunaan dari barang yang Anda jual. Bagaimana
pembeli mau melakukan pembelian jika informasinya tidak jelas. Deskripsi yang
baik akan membuat pembeli menjadi tertarik untuk melakukan pembelian.
3. Tampilkan Testimonial Positif
Testimonial dari konsumen adalah aset bagi
bisnis online Anda. Hal ini bisa mempengaruhi konsumen lain sebelum membeli.
Tampilkan testimonial positif dari sebuah produk yang dijual di toko online.
Testimonial juga bisa meningkatkan reputasi eCommerce. Produk tanpa
testimonial positif akan diragukan oleh pembeli, maka carilah testimonial
positif.
4. Manfaatkan Fungsi Share
Biasanya eCommerce memberikan fasilitas
berbagi ke social media, email, dan blog. Bagikanlah situs eCommerce
Anda melalui media sosial, misalnya lewat Facebook dan Twitter
atau channel sosial media lainnya. Hal ini sama seperti mengundang calon konsumen untuk datang ke
toko kita.
Twitter dan Facebook masih menjadi media
sosial yang paling diminati untuk berpromosi di Indonesia. Search engine
akan memberi peringkat tinggi bagi konten dalam platform media sosial,
aktiflah di media sosial maka Anda akan ‘ditemukan’. Social media bisa
menyentuh masyarakat secara personal.
Maka Anda juga harus memberikan konten yang
menarik untuk media sosial agar bisa menjangkau banyak calon pembeli. Semakin
banyak calon pembeli yang tertarik untuk melihat situs eCommerce Anda
semakin besar kemungkinan produk Anda cepat laku. Anda bisa membagikan tentang
testimonial positif, promo maupun deskripsi dari produk yang Anda jual.
5. Sangat Penting Mempromosikan Toko Anda
Maupun produk yang dijual bagus, semurah
apapun harga produk yang ditawarkan, tanpa promosi tak akan berhasil menarik
perhatian pelanggan. Banyak kanal promosi yang tersedia di dunia maya. Seperti,
website pribadi, forum jual beli, buzzer social media, bahkan Google
AdWords. Gunakanlah tiga media yang tersedia untuk mempromosikan situs eCommerce
Anda.
6. Berikan Pelayanan Yang Baik
Konsumen akan memberikan testimonial positif
bukan hanya karena produk yang Anda jual, tapi juga pelayanan yang Anda
berikan. Dengan memberikan pelayanan yang baik, konsumen bisa melakukan
pembelian berulang ke eCommerce Anda, dengan begitu Anda sudah membuat
pembeli menjadi loyal.
Memberikan pelayanan yang baik bisa dengan
memberikan layanan customer service dan jaminan uang kembali. Dengan
adanya customer service maka pembeli bisa menghubunginya ketika ada
kesalahan dalam transaksi atau keterlambatan.
Kredibilitas sebuah eCommerce
akan meningkat ketika memberikan jaminan uang kembali jika barang cacat atau
rusak. Tapi Anda harus memberikan prasyarat dan aturan yang jelas agar tidak
merugikan salah satu pihak.
Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:
Posting Komentar