Menu

Jumat, 27 Mei 2016

10 Cara Merilis dan Mempromosikan Produk Melalui Social Media


Merilis sebuah produk menggunakan social media membutuhkan banyak platform yang berbeda yang nantinya akan mempermudah Anda  untuk membagikan pesan kepada orang lain dalam social media sehingga setiap orang akan mengenal brand Anda.

Mempromosikan, memasarkan dan merilis produk apapun biasanya membutuhkan budget yang besar untuk masuk dalam iklan TV atau biaya media massa yang sangat mahal dan itu semua membutuhkan jutaan dolar.

Dibawah ini studi kasus Guy Kawasaki merilis dan mempromosikan bukunya “Enchantment The Art Of Changing Hearts,Minds and Actions” dan bagaimana dia menggunakan berbagai macam strategi channel social media marketing dan taktik yang bisa diterapkan oleh Anda.

Pendekatan ini yang merupakan bagian dari campaign yang bisa diterapkan oleh siapa saja dengan cara yang benar dan sumber daya yang cukup. Dengan cara ini Anda hanya membutuhkan biaya marketing yang cukup besar  pada tips ke enam dan tips ke tujuh.

Guy Kawasaki adalah Venture Capital dari Silicon Valley – Garage, Technology Ventures, dia juga blogger yang juga dikenal melalui RSS Agregatornya Alltop.

Dia terlibat dalam launching dan marketing Apple Mcintosh dalam 1984 dan dia juga telah menulis 10 buku termasuk Enchantment yang merupakan buku terakhirnya.

Dibawah ini cara – cara yang digunakan Guy Kawasaki dalam merilis bukunya tersebut :

1. Facebook



Fan page facebook dibuat khusus untuk launching bukunya tersebut dan tujuan utamanya adalah untuk menyediakan situs komunitas pada facebook yang merupakan social network terbesar di dunia yang bisa menciptakan sebuah movement lalu men-share cerita tentang buku ini ke semua orang. Untuk membangun fan base dia memberikan buku gratis agar orang akan memberikan like pada facebook pagenya. Dalam kasus ini dia juga menggunakan cara yang sama dalam laucnhing buku pertamanya MacIntosh Way.

Tujuan Utama : Memberikan hadiah berupa buku gratis bagi  orang yang memberikan ‘like’  untuk membangun fan base.

Biaya : sekitar 2700 dolar.

2.Website dan Blog



Dia menyadari setelah 2 bulan Facebook memang cukup ampuh untuk memberikan efek tetapi ruang geraknya terbatas sehingga membutuhkan sebuah website yang dia miliki yang tidak terkendala oleh peraturan Facebook. Dia membuat sebuah situs yang menjadi situs official.

Tujuan Utama :  Mempermudah para reviewer buku untuk mendapatkan informasi dan gambar yang dibutuhkan untuk mereview buku.

Biaya : Sekitar 4000 dolar

3. Review Buku oleh Blogger lain dan para influencer

Membangun komunitas sebelum dirilis menjadi kebutuhan nyata dan melalui aksesnya pada database Alltop 20.000 blogger dia bisa memberikan buku gratis untuk di review kepada 20.000 database blogger yang dimilikinya dan dari situ dia mendapatkan banyak orang-orang yang tertarik pada bukunya. Dia menggunakan eCairn untuk menggerakkan social media dan menggerakkan para blogger di luar dari database blogger yang dimilikinya. Dari 20,000 database ini, hasilnya :
 -          1300 meminta dikirimkan copy bukunya
-          150 interview
-          200 review

Semua review ditampilkan pada website mereka sehingga semua orang bisa membaca review tersebut dan dia akan memberikan ucapan terima kasih.

Tujuan Utama : Menyediakan pihak ketiga yang mempunyai kredibilitas dan social proof yang tersebar di mana – mana.

Biaya : 16000 dolar (tetapi ini ditanggung oleh percetakan)

4. Email

Social media yang merupakan “mainan baru” bagi para marketer tentu bukan satu-satunya alat yang ia gunakan, tetapi dia juga mengirimkan email kepada 160.000 email (130.000 yang didapatkan selama 30 tahun termasuk melalui blog dan website). Hasilnya  :
-          30.000 tambahan email dari AlwaysOn
-          3.75% klik tambahan

Tujuan utama : Sangat penting untuk membangun database marketing berupa email sebelum merilis produk dan database tersebut juga bisa digunakan sebagai aset untuk launching selanjutnya.

Biaya : sekitar 4500 dolar untuk pembangunan database dan 1000 dolar per bulan(diizinkan selama 3 bulan) untuk email campaign ( total 7500 dolar)

5. Iklan Banner

Dia melakukan 6 minggu campaign melalu Google Adwords, Facebook Ads dan Twitter (melalui Promoted Tweets). Google Adwords dan Facebook ads cukup mudah untuk dilakukan sendiri.

Tujuan Utama : Mendapatkan akses kepada pembeli potensial di luar ruang lingkup influencenya dan menggunakan Google dan Facebook untuk menargetkan pembeli yang tepat.

Biaya :  sekitar 2000 – 3000 dolar

Sumber : StartupBisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar