Menu

Selasa, 12 April 2016

Satu Teknik Sederhana yang Selalu Dilakukan TOP SALESMAN DUNIA


Ada satu teknik sederhana yang selalu digunakan oleh top salesman dunia sekelas Joe Girard dan diajarkan oleh pakar sales dunia sekelas Tom Hopkins, Zig Ziglar, dan Brian Tracy. Ketika Anda mengetahui dan mempraktikkan teknik sederhana ini, penjualan Anda akan meningkat secara drastis! Apa teknik sederhana itu? 
 
“Yang Nanya Yang Menang” 
 
Joe Girard, Tom Hopkins, Zig Ziglar, dan Brian Tracy sepakat bahwa salesman yang sukses bukanlah salesman yang banyak omong. Justru salesman yang sukses adalah salesman yang BANYAK NANYA.  
Misalnya, ketika Anda menawarkan sebuah produk, Anda tidak harus menjelaskan dengan panjang lebar apa produknya. Anda justru akan menggali kebutuhan calon customer Anda dengan BERTANYA dan menyesuaikan kebutuhan calon customer tersebut dengan produk yang Anda jual. 
 
Selain itu, teknik sederhana ini juga akan sangat efektif ketika Anda dihadapkan dengan calon customer yang memberikan sanggahan-sanggahan atau penolakan-penolakan terhadap produk yang Anda jual. Misalnya produk Anda mahal. Ketika calon customer Anda berkata, “wah produknya mahal banget….”. Anda yang tidak tahu dan tidak menggunakan teknik ini akan mengatakan, “Iya bu, memang dari sananya”. Jika Anda menjawab demikian, tentu tidak akan terjadi penjualan. 
 
Tapi coba Anda menggunakan teknik sederhana ini, yaitu “Yang Nanya Yang Menang”. Setiap kali calon customer Anda memberikan sanggahan atau penolakan, TANYA BALIK! Misalnya: 
 
    “Wah Harganya MAHAL!” | “Iya bu, dari sananya emang mahal” (GAGAL CLOSING!), Pasrah…. 
 
“Wah Harganya MAHAL!”  
 
 RESPONNYA BEGINI…. 
 
 “Oh iya bu memang Mahal… Tapi sebelumnya mohon maaf, ibu membandingkannya dengan apa ya?” 
 
 “Memang mahal bu.. Tapi sebentar, bukankah ibu menginginkan produk yang sangat berkualitas?” 
 
 “Oh gitu… Menurut ibu nih, berapa harga yang pantas untuk produk ini?” 

    “Saya Nggak Butuh!” | “Oh gitu. Yaudah deh pak…” (GAGAL CLOSING!), Pasrah…. 
 
“Saya Nggak Butuh!”  
 
 RESPONNYA BEGINI…. 
 
 “Oh begitu… Sekarang mungkin bapak tidak butuh. Tapi apakah bapak nanti tidak membutuhkannya?” 
 
“Sebentar pak, apakah bapak sudah tahu khasiat dari produk ini? 
 
“Oh gitu.. Kira-kira nih menurut bapak, siapa teman / saudara bapak yang membutuhkan produk ini?” 
 
Apakah Anda sudah paham dengan satu teknik sederhana ini?  
 
Intinya, jangan biarkan percakapan berakhir di Anda. Anda harus TANYA BALIK! Ingat, “Yang Nanya Yang Menang”. Yang menang, yang Closing. Yang Closing, dapat Uang…. Hehe 

Sumber : PortalPengusaha.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar