Menu

Jumat, 29 April 2016

Pentingnya Membangun Tim Dalam Bisnis

Media Promosindo

Banyak pengusaha yang gagal dalam mengembangkan bisnisnya karena mereka tidak membangun tim yang membantu mereka mengembangkan bisnis.

Dalam bisnis, peran Anda sebagai seorang owner berfokus menentukan arah bisnis kedepannya. Mungkin ketika awal memulai bisnis, seorang owner biasanya akan mengatur semua hal teknis, mulai dari keuangan, sdm, karyawan, marketing dan penjualan sampai produksi.

Seiring perkembangan bisnis peran owner harus sudah mulai berpindah dari level teknis ke level manajerial sampai akhirnya ke level strategis dan berpikir lebih jauh tentang visi bisnis serta pengembangan produk.

Lantas bagaimana cara membangun tim yang baik. Simak beberapa tips diantaranya

1. Rekrutlah Orang-orang Terbaik 
 
Untuk merekrut orang-orang yang tepat mulailah dengan proses seleksi yang baik dan benar. Jangan hanya percaya CV yang diberikan, jika memungkinkan lakukan tes secara langsung ketika Anda melakukan interview. Akan lebih baik jika kandidat yang Anda cari sudah mempunyai pengalaman di bidang yang sama.

2. Penting untuk Memiliki Visi yang Sama 
 
Jika Anda adalah owner yang sedang mengembangkan bisnis. Carilah orang-orang yang tidak menjadikan uang sebagai satu-satunya parameter dalam bekerja. Carilah kandidat yang mau diajak bertumbuh melalui bisnis dan mempunyai visi yang sama dengan Anda.

3. Sesuaikan Tugas dan Kemampuan  
 
Ketika merekrut tenaga baru, terapkan masa percobaan ( biasanya 3 bulan ) untuk menguji kemampuan kandidat yang ada. Evaluasilah hasil dan proses yang telah berjalan. Tempatkan tim Anda sesuai dengan kemampuan mereka, agar tugas yang dikerjakan jadi optimal dan efisien.

4. Jadilah Pemimpin yang Jadi Tauladan 
 
Biarpun Anda adalah pemilik bisnis, bukan berarti Anda bebas melakukan apa saja dan berbuat salah tanpa aturan. Peran besar menjadi seorang owner adalah untuk menggerakkan orang lain agar melaksanakan visi yang Anda buat, itu semua dimulai dari teladan yang Anda bangun.

5. Buat Jobdesk yang Jelas 
 
Ketika membangun tim, buatlah jobdesk dan pembagian tanggung jawab yang jelas. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur beban kerja yang ada.

6. Buat Jenjang karier yang jelas 
 
Setiap karyawan yang bekerja pada satu instansi atau perusahaan pasti menginkan jenjang karir yang jelas.

Sumber : PortalPengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar