Seiring perkembangan teknologi maka metode penjualan terus
berkembang. Jika dulu sistem pembelian dengan bertemu langsung antara penjual
dengan pembeli yang sering terjadi di kios, pasar dan pusat perbelanjaan besar
seperti mall dapat kita lihat. Namun sekarang tak jarang jika ingin membeli
sesuatu tanpa harus bertemu dengan penjualnya atau pembeli tidak lagi repot
untuk pergi ke pasar maupun toko yang menjual kebutuhan kita. Namun cukup
berbelanja dari rumah menggunakan internet.
Zaman sekarang, para pemilik toko offline yang ingin
mengembangkan penjualannya harus menjadikan toko online sebagai salah satu
channel unggulan. Dengan memperluas channel penjualan, maka omset kita pun akan
bertambah karena kita bisa memaksimalkan calon pelanggan di luar jangkauan area
toko kita. Anda Juga dapat melayani pelanggan Anda tanpa mereka harus datang
ke toko Anda. Dengan adanya toko online yang Anda miliki. Anda dapat
melayani dan berkomuniksai kepada pelanggan Anda dimana saja dan kapan
saja.
Ada beberapa hal yang
harus diperhatikan sebelum mengonlinekan toko offline :
1. Perlu Anda
ketahui ketika memutuskan untuk meng-Onlinekan toko offline maka harus menambah
resource yang berfungsi sebagai admin toko online.
2. Anda juga harus
berpikir jasa pengiriman yang digunakan dalam proses pengiriman barang ke
pelanggan.
3. Pelayanan yang
Anda berikan ke pelanggan online harus di maksimalkan, kerena pelayanan yang
maksimal yang diberikan akan menambah pengunjung toko online yang Anda miliki.
Sebaliknya ketika toko online Anda tidak memiliki pelayanan yang tidak maksimal
maka akan mempengaruhi pengunjung yang datang di toko online dan dapat
mempengaruhi toko Offline yang Anda miliki.
4. Pelayanan toko
online sangat berpengaruh ke toko offline. Ketika toko online Anda ramai
dikunjungi maka toko offline yang Anda punya pasti akan ramai juga. Hal ini
diakibatkan karena kebanyakan para pelanggan menjadikan toko online hanya
sebagai referensi saja untuk membeli. Jika pelanggan sudah merasa cocok dengan
barang yang Anda tawarkan di toko online. Maka pelanggan tersebut akan langsung
ke toko offline Anda untuk membuktikan kebenaran yang ada di toko Online.
5. Perlu
diperhatikan kebenaran yang Anda jual di toko online. Jangan sampai berbeda
dengan yang ada di toko offline yang Anda miliki.
Sumber : PortalPengusaha.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar